image1 image2 image3 image4 image5

HOLA!|LOST GIRL IS HERE|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|EXPLAIN ABOUT NORSE MYTHOLOGY|MY REVIEW|MY HANDWRITING|AND MANY MORE|COMMENT, SHARE, FOLLOW, AND ENJOY!

Software


1Unsur - unsur software :
.       Raster : Pancaran elektron menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur jalur dari atas ke bawah dalam pola yang sama.
2.       Intensitas : Tingkat pencahayaan; Intensitas tinggi => cahaya terang.
3.       Refresh rate (vertical scan rate): Jumlah penggambaran ulang / penyegaran (refresh) layar / jumlah penyapuan layar dalam satu detik. Ukurannya dalam Hertz (Hz). Misal : 70 Hz, layar disegarkan kembali sebanyak 70 kali per detik.
4.       Flicker : kedipan pada layar monitor bila refresh ratenya lambat; karena fosfor yang ditembakkan oleh senapan elektron CRT kehilangan kependarannya sebelum senapan elektron bisa menyegarkannya.
5.       Dot Pitch. Jarak antara dua dot fosfor pada warna yang sama. Layar dengan dot pitch yang lebih kecil memiliki jarak lebih pendek antara fosfor – fosfornya. Akibatnya elemen – elemen gambar terletak lebih dekat, menghasilkan gambar yang lebih tajam. Kebanyakan monitor memiliki 0, 31 – 0, 25 mm, semakin kecil semakin baik. Misal : resolusi 1024 x 768 dengan dot pitch 0, 25 – 0, 26 mm merupakan pilihan yang ideal.
6.       Interlacing. Dalam mode interlaced (teralin), pancaran elektron menyapu layar dari atas ke bawah dalam dua lintasan. Pertama, menyapu baris – baris ganjil dan kedua, menyapu baris – baris genap. Setiap lintasan membutuhkan waktu setengah dari lintasan penuh dalam mode konvensional (noninterlaced = tidak terjalin). Karena itu, kedua mode menyegarkan seluruh layar dalam.

LCD (Liquid Crystal Display)
Kebanyakan kristal cair merupakan bahan organik yang terdiri atas molekul – molekul berbentuk pipa. Akibat sifat alami yang dimilikinya, molekul – molekul ini mampu menata dirinya membentuk susunan paralel. Susunan molekul ini dapat diatur dengan mengalirkan kristal cair ke permukaan yang diberi alur – alur. Susunan molekul akan mengikuti alur – alur ini, sehngga jika alurnya dibuat paralel, susunan molekul kristal cair juga akan paralel. Prinsip LCD adalah dengan menempatkan kristal cair diantara 2 permukaan yang diberi alur halus. Alur – alur halus pada permukaan yang satu membentuk sudut 90 derajat(tegak lurus) dengan alur – alur halus pada permukaan yang lain. Jika molekul pada salah satu permukaan tersusun dari utara ke selatan dan molekul pada permukaan lainnya mengarah dari barat ke timur, molekul – molekul yang ada di dalamnya akan dipaksa berputar sejauh 90 derajat. Akibatnya lintasan cahaya yang mengikuti susunan molekul ini juga akan berputar 90 derajat ketika melewati lintasan cair. Ketika tegangan listrik diberikan cair. Molekul – molekulnya akan menata dirinya secara vertikal. Mempersilahkan cahaya untuk melewatinya tanpa berputar 90 derajat Akibatnya lintasan cahaya yang mengikuti susunan molekul ini juga akan berputar 90 derajat ketika melewati lintasan cair. Ketika tegangan listrik diberikan kristal cair , molekul – molekulnya akan menata dirinya secara vertikal. Mempersilahkan cahaya untuk melewatinya tanpa berputar 90 derajat.
Prinsip LCD yang kedua mengandalkan sifat filter. Sifat fiter polarisasi dari cahaya itu sendiri. Gelombang cahaya alami menngarah dengan sudut yang random. Sebuah filter organisasi adalah sekumpulan garis paralel yang teramat sangat halus. Garis – garis ini bertindak seperti jaring, menghambat semua gelombang cahaya kecuali yang sejajar dengan garis filter. Polarisasi kedua memiliki garis – garis halus yang sama tetapi terpasang tegak lurus dengan filter pertama sehingga akan menghalangi cahaya yang telah polarisasi tadi.
Cahaya akan lolos dari filter kedua jika garisnya tegak paralel dengan yang pertama atau jika cahaya itu sendiri berputar sehingga sesuai dengan polarisator, seperrti dijelaskan diatas, akan menghadang semua cahaya yang mencoba menembusnya. Tetapi diantara kedua filter ini, terdapat kristal cair. Karenanya, cahay akan terpolarisasi oleh filter pertama, diputar 90 derajat oleh kristal cair dan menembus filter kedua dengan sempurna. Namun demikian, jika tegangan listrik diberikan pada kristal cair,, molekul – molekul kristal akan menata diri secara vertikal sehingga akan berjalan tanpa berputar 90 derajat tetapi kemudian dihadang oleh filter polarisasi kedua dengan demikian ada tegangan berarti tidak adanya cahaya akan lewat jika ada tegangan ada terhalang jika tidak ada tegangan. Namun demikian, karena layar komputer dengan interfarte grafik hampir selalu menyala. Energi akan dapat dihemat dengan menata kristal dalam.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post

Recent Posts Widget