image1 image2 image3 image4 image5

HOLA!|LOST GIRL IS HERE|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|EXPLAIN ABOUT NORSE MYTHOLOGY|MY REVIEW|MY HANDWRITING|AND MANY MORE|COMMENT, SHARE, FOLLOW, AND ENJOY!

Sejarah Komputer 2


Jenis – jenis komputer generasi ke tiga  :
-          Ibm s/360
Pada tangggal 7 April 1964 ibm s/360 shu ibm system 360 (dapat membuat lingkaran 3600) dan mampu melakukan proses untuk aplikasi bisnis dan teknik.
-          Nova
Nova dibuat pada tahun 1968 oleh perusahaan data General Corporation. Merupakan komputer mini 16 bit pertama.
-          Univac 1108, Univac 9000 (dibuat oleh pabrik Sperry Rand Univac).
-          Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroghs 7700.
-          Ner seri century (pabrik pembuatnya national cash register).

Generasi ke 4

Hampir semua komputer digerakan oleh suatu komponen elektronik yang disebut mmos ic (Metal Oxide Semiconduction Intergrated Circuit) yang bentuknya sangat kecil termasuk keluarga dari lsi (Large Scale Intergration ) / disebut juga dengan nama bipolar large scale intergration, yaitu merupakan pemadatan beribu – ribu ic menjadi chip.
Istilah chip digunakan untuk memajukan suatu lepengan persegi empat yang memuat rangkaian – rangkaian terpadu (intergrated circuits)
Karakteristik   :
-          Komponennya terbuat dari mos ic (microprocessor).
-          Kesanggupan penyajian informasi yang akurat.
-          Kecepatan pengelolaan data dalam beberapa nano second (milyar operasi perdetik)
-          Ukuran fisik kecil dan dapat dibawa kemana mana
-          Biaya operasi lebih murah
Jenis – jenis komputer generasi 4  :
1.       Ibm s/370
Pada tahun 1970 ibm mengeluarkan ibm s/370 yang telah menggunakan isi
2.       Mikro altair
Dibuat oleh perusahaan micro instrumentation and teremetry system (mits) dengan menggunakan micro processor 8080 buatan intel.
3.       Apple ii
Diperkenalkan pada tahun 1976 merupakan komputer micro yang dibuat oleh steven jobs dan steve wozniak (2 pelajar SMU).

Pengembangan yang lain  :
·         Tahun 1971 microprocessor pertama dibuat oleh perusahaan Intel Corporation dengan chip Intel Microprocessor 4004 berisikan 2250 transistor dalam 1 chip.
·         Tahun 1977 Local Area Network (LAN) yang pertama dibuat oleh perusahaan data point corporation dengan nama Arcnet jaringan komputer yang saling berhubungan dalam 1 area dengan menggunakan kabel.
·         Tahun 1981 komputer sistem Window dan menggunakan mouse yang pertama. Dibuat oleh perusahaan Xerox Corporation memperkenalkan komputer diatas meja (desktop komputer).

Generasi ke 5 (1984 – 2000)

Karakteristik :
-          Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intergration).
-          Lebih menuju ke AI (Artificial Intellegent / kecerdasan tiruan).
-          Ukuran peralatan kecil.
-          Kecepatan lebih tinggi.
-          Penyerapan energi listrik lebih rendah.
-          Kehandalan meningkat
-          Penyerapan energi listrik lebih rendah.
-          Kehandaan meningkat.
-          Berbentuk rangkaian sangat spesialistik dan untuk ruang lingkup pemakaian sangat teerbatas.
-          Multi programming.
-          Multi processing
Sifat – sifatnya :
1.       Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri.
2.       Dapat menerjemahkan dari bahasa ke bahasa lain.
3.       Dapat membuat pertimbangan – pertimbangan logis.
4.       Dapat mendengarkan kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
5.       Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan.
6.       Dapat mengolah gambar dan grafis dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
Contoh : Komputer chip 286, Chip 386, Chip 486.
Pengembangan yang lain :
·         Tahun 1993 , Intel memperkenalkan Processor 586 ( Pentium 1).
·         Akhir tahun 2002 Intel memperkenalkan Pentium 4. Dan berkembang sampai sekarang Intel memperkenalkan processor, Dual core dan Core to do.
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya LSI ( Large Scale Intergration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah meicroprocessor. Selain itu juga, ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.         
Perusahaan – perusahaan yang membuat microprocessor diantaranya : Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya. Dipasaran bisa kita lihat adanya Microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80486, dan Pentium.
Pentium 4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium 4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.Gambar – gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim / menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium 4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0,18 mikro. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi kecepatan yang dimiliki adalah 20x lebih cepatdari generasi Pentium 3.

Generasi ke – 6 (Masa Depan)

Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan bio chip yang dibuat dari bahan protein sintesis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.
Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input – outputaudio yang mugkin digunakan oleh komputer yang akan datang.
Ahli – ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna (Programless Compputer), ini membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Secara prinsip ciri – ciri komputer masa mendatang : lebih canggih dan lebihh murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
Kelebihan lainnya, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post

Recent Posts Widget